Luluskan 6 Dokter Gigi Spesialis RKG Baru, Uji Kompetensi Diadakan Secara Hybrid

Luluskan 6 Dokter Gigi Spesialis RKG Baru, Uji Kompetensi Diadakan Secara Hybrid

Pada tanggal 17-18 Februari 2021 selama dua hari berturut-turut IKARGI dan Kolegium Radiologi Kedokteran Gigi Indonesia telah mengadakan Uji Kompetensi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi yang kemudian meluluskan dan mengkukuhkan sebanyak 6 orang lulusan PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi menjadi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi yang kompeten.

Sehubungan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang belum usai di Indonesia, Uji Kompetensi tahun ini pun diadakan secara hybrid antara daring maupun luring, dimana seluruh peserta ujian berada secara terpusat atau sentral dengan pengawasan panitia lokal, sedangkan para konsultan penguji serta pengawasnya lainnya dari seluruh Indonesia mengikutinya secara daring.

Uji Kompetensi terdiri dari 2 hari dimana hari pertama terdiri dari ujian CBT (Computer-based Test), SOCA (Student Oral Case Analysis) dan OSCE (Objective Structured Clinical Examination) dan hari kedua terdiri dari ujian Lisan atau wawancara. Materi yang diujikan meliputi seluruh kompetensi Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi Indonesia khususnya di bidang pencitraan diagnostik. Uji Kompetensi ini dihadiri oleh para Guru Besar dan Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi Konsultan dari seluruh institusi kedokteran gigi dari seluruh Indonesia. Pada akhir acara, dikukuhkan kompetennya keseluruhan peserta ujian dengan nilai terbaik diraih oleh drg. Aga Satria Nurrachman dengan poin akhir 91 (Peringkat 1), drg. Norlaila Sarifah dengan poin akhir 86 (Peringkat 2) dan drg. Fadhlil Ulum Abdul Rahman dengan poin akhir 84 (Peringkat 3).

Lulusan terbaru ini diharapkan kemudian dapat ikut berperan aktif dalam mengembangkan keilmuan Radiologi Kedokteran Gigi Indonesia baik secara pribadi maupun kelembagaan profesi, memperkenalkan lebih luas akan Spesialisasi Radiologi Kedokteran Gigi Indonesia baik di nasional maupun internasional, hingga mampu mengaplikasikan keilmuan yang telah dimiliki dan dipelajari selama masa studi dengan kompeten dan kualitas yang baik di tempat kerja masing-masing, termasuk juga untuk masyarakat luas, bangsa dan negara.

(ASN/2021)

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *